KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS ICT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 SDN 017126 SEI TUALANG PANDAU

Penulis

  • Rafika Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rustam Pakpahan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Miswar Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5152

Kata Kunci:

kompetensi pedagogik, ICT, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap penggunaan media berbasis ICT oleh guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas 4. Meskipun guru PAI tersebut merupakan bagian dari generasi digital immigrant, yang umumnya dianggap kurang mahir dalam penggunaan teknologi, ternyata mereka mampu mengatasi tantangan ini dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif, dimana data yang peneliti kumpulkan berbentuk kata-kata atau gambar yang diperoleh langsung tidak menekankan pada angka dan benar terjadi secara alamiah (natural setting), data dan fakta yang ditemukan kemudian dianalisis dan dipaparkan sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ICT pada pembelajaran di SDN 017126 Sei Tualang Pandau diantaranya yaitu: pembelajaran melalui media komputer, pembelajaran melalui multimedia dan pembelajaran melalui teknologi komunikasi. Adapun untuk kompetensi pedagogik guru PAI di SDN 017126 Sei Tualang Pandau sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru PAI dengan cara menguasai setiap keadaan didalam kelas ketika pembelajaran, seperti menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, berkomunikasi dengan peserta didik secara efektif, empatin dan santun, serta menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Sitorus, R., Pakpahan, R., & Rasyid, M. (2024). KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS ICT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 SDN 017126 SEI TUALANG PANDAU. JIPIS, 33(2), 81–93. https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5152

Terbitan

Bagian

Articles